ikon kuliner kota malang

Malang tidak melulu tentang kota wisata atau kota pendidikan saja melainkan surga kuliner juga. Dari berbagai macam kuliner kota Malang yang enak, ada yang sangat popular atau bisa disebut sebagai iconic. Meskipun terdengar mainstream, namun ikon kuliner kota Malang menjadi jujugan bagi yang berasal dari luar kota apel ini. Apalagi disaat musim liburan tiba, jangan heran jika menjumpai tempat kuliner yang terkenal penuh dengan pembeli. Mau tahu dimana saja tempat yang menyajikan ikon kuliner kota Malang? Yuk kita lihat di bawah ini.

Pecel Kawi

Makanan tradisional memang tidak ada tandingannya. Walaupun banyak sekali menu kekinian atau bercita rasa internasional, namun masih ada yang menjadikan kuliner lokal sebagai primadona. Pecel Kawi misalnya, nama yang satu ini sudah sangat legendaris hingga menjadikannya sebagai salah satu ikon kuliner kota Malang. Untuk komposisi nasi pecelnya sama dengan yang dijual pada umumnya. Namun ada pilihan banyak lauk dari tahu tempe hingga jerohan. Untuk menu nasi pecelnya sendiri dibanderol dengan harga Rp 11.000. Tetapi harga akan menjadi berbeda jika anda ingin tambah lauknya.

Alamat: Jl. Kawi No.43 B, Bareng, Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 06.00–20.00 WIB

Ronde Titoni

Ronde Titoni juga merupakan makanan tradisional yang menjadi ikon kuliner kota Malang. Walaupun meimiliki komposisi yang sangat sederhana yaitu kuah jahe dengan isian ronde yaitu yang dibuat dari ketan yang direbus dan dibentuk bulat. Ada dua pilihan jenis ronde yang bisa anda pesan yaitu ronde basah atau ronde kering. Untuk rasa sudah pasti berbeda antara kedua pilihan ini meskipun komposisinya sama. Jika dari harganya, masih sangat ekonomis yaitu rata-rata Rp 8.000, kecuali ronde gorengnya.

Related Article  Kuliner Galunggung Malang yang Mudah Dicari

Alamat: Jl.  Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 18.00–00.00 WIB, Minggu Tutup

Bakso Bakar Trowulan

Bakso Malang memang sudah terkenal diseantero nusantara. Tidak heran jika banyak yang menjual di luar kota menggunakan embel-embel Malang. Namun di kota Malang sendiri, bakso kuah bukan satu-satunya yang iconic. Masih ada lagi yaitu bakso bakar yang tidak kalah terkenalnya. Bakso Bakar Trowulan juga menjadi salah satu ikon kuliner kota Malang yang wajib untuk dicoba. Aroma dari bakso yang dibakar akan membuat perut anda keroncongan sembari menunggu pesanan datang. Untuk harganya dibanderol Rp 35.000 untuk 1 tusuk yang berisi 15 biji bakso.

Alamat: Jl. C.Trowulan No.65, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

Jam Buka: 10.00–19.00 WIB

Rawon Nguling

Rawon adalah ikon kuliner kota Malang yang selanjutnya. Dengan ciri khas kuah hitamnya, kuliner yang satu ini memang sangat di favoritkan banyak orang di Jawa Timur termasuk Malang. Namun di Rawon Nguling ini, kuah yang ditawarkan tidak terlalu hitam. Selain itu, dagingnya juga lembut tanpa perlu usaha keras untuk menikmatinya. Ada dua jenis rawon yang bisa anda pesan yaitu rawon biasa atau rawon dengkul dengan harga yang mungkin agak mahal berkisar Rp 27.000 ke atas.

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.62, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 07.00–15.30 WIB

Depot Pangsit Mie Bromo Pojok

Bukan hanya makanan  yang disantap dengan nasi saja melainkan ada yang lain yaitu sajian mie. Bagi yang suka dengan kuliner yang satu ini, anda bisa datang ke Depot Pangsit Mie Bromo Pojok. Ada banyak varian mie dengan berbagai topping seperti Pangsit Mie Istimewa, Pangsit Mie Lada Hitam, Pangsit Mie Udang Pedas, dan yang lainnya. Untuk harganya, masih bisa dikatakan terjangkau yaitu mulai dari Rp 16.000.

Related Article  Kuliner Kekinian Batu Malang untuk Anak Muda

Alamat: Jl. Patimura No.53, Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 09.00–18.00 WIB

Orem-orem AREMA

Orem-orem merupakan kuliner authentic dari kota Malang. Bagi yang berasal dari Malang pasti sudah familiar dengan Orem-orem Arema. Walaupun memiliki isian yang sederhana yaitu potongan tempe dan ayam, namun kuah santal kental yang khas menjadikan kuliner ini bercita rasa yang authentic. Ada tiga pilihan menu yang bisa anda pilih yaitu Orem Orem Biasa, Orem Orem Telur atau Telur Asin, dan Orem Orem Ayam. Untuk harganya sendiri dibanderol mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 15.000.

Alamat: Jl. Blitar No.14, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

Jam Buka: 09.30–16.30 WIB, Jumat Tutup

Putu Lanang Celaket

Untuk ikon kuliner kota Malang yang selanjutnya adalah camilan yang mengenyangkan yaitu putu. Jika pada umumnya putu yang dijual kebanyakan adalah putu ayu, namun di Malang ini, namanya unik yaitu putu lanang atau laki laki. Walaupun hanya camilan, namun tempatnya selalu ramai dipenuhi pembeli. Selain putu, ada juga pilihan lain seperti cenil dan lupis. Anda bisa mencampurnya lho diantara tiga pilihan ini. Untuk harganya sangat ekonomis yaitu Rp 10.000.

Alamat: Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 73, Gang Buntu RT.03, Klojen, Samaan, Kota Malang

Jam Buka: 17.30–21.30 WIB

Pos Ketan Legenda 1967

Masih dengan jenis yang sama yaitu camilan, Pos Ketan Legenda juga menjadi tempat ikon kuliner kota Malang. Bagi anak muda Malang, tempat ini masuk ke dalam referensi tempat nongkrong. Selain karena harganya yang sangat pro anak muda, pilihan varian ketannya juga banyak. Ada Ketan Keju Susu, Ketan Durian Susu, dan masih banyak yang lainnya. Untuk harganya mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 16.000.

Related Article  Wajib Mencoba Kuliner Khas Kota Batu Malang ini

Alamat: Jl. Kartini No. 6, Ngaglik, Batu, Sisir, Kec. Batu, Malang

Jam Buka: 09.00–02.00 WIB