Apa alasan utama anda mengunjungi kota apel Malang? Keindahan wisata alamnya pasti menjadi salah satu jawabannya. Namun yang lebih menyenangkan lagi ketika berada di kota Malang adalah berwisata kuliner. Tak cukup hanya dengan satu hari untuk mengeksplor semua tempat yang menyajikan kenikmatan dan ke khas-an kuliner kota ini. Namun jika ke Malang wajib kuliner di beberapa tempat yang akan dibahas di artikel ini. Dari banyaknya tempat yang bisa anda kunjungi termasuk dengan menu kekinian, anda bisa melihatnya lihat di daftar kuliner kota Malang. Namun sangat recommended untuk mengunjungi yang wajib terlebih dahulu.

Mie Setan Bromo

Meskipun sajian mie sudah sangat umum diseluruh kota di Indonesia, namun ada yang wajib anda coba ketika di Malang yaitu Mie Setan. Sajian mie pedas berlevel menjadi ciri khas dari Mie Setan. Sebagai pelopor mie pedas di Malang, kini Mie Setan sudah bisa anda temui di beberapa tempat. Bukan hanya kualitas dari mie dan sambal yang diproduksi sendiri, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 10.000 hingga Rp 13.000.  Jika ke Malang wajib kuliner di tempat yang satu ini.

Alamat: Jl. Bromo No.1A, Kauman, Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 10.00–22.30 WIB

Sate Landak dan Biawak Bu Ria

Sate Landak mungkin terdengar ekstrem untuk beberapa orang. Namun ada satu  tempat di Malang yang menawarkan kuliner ini. Tidak usah khawatir dengan bentuk satenya karena anda bahkan tidak akan mengenalinya jika sudah diolah. Rasa gurih dan tekstur yang empuk adalah cita rasa dari kuliner ini. Jika ke Malang wajib kuliner yang satu ini. Selain itu juga ada sate biawak dan menu jenis lainnya seperti krengsengan dan sop. Harga yang ditawarkan di tempat ini dengan menu sate  rata-rata dibanderol dengan Rp 30.000.

Related Article  Bakso Bakar yang Enak di Kota Malang dan Sudah Terkenal

Alamat: Jl. Saptorenggo No.47, Boro Bugis, Saptorenggo, Pakis, Malang

Jam Buka: 07.00–22.15 WIB

Lontong Lonceng

Lontong Lonceng adalah tempat ketiga yang wajib untuk anda coba. Dari namanya mungkin terdengar unik. Namun ternyata nama ini diambil dari lokasi berjualan yang awalnya di dekat tugu lonceng. Walaupun tempatnya tidak terlalu besar, namun Lontong Lonceng sudah terkenal akan kelegendarisannya sejak tahun 1935.Untuk tahu lontongnya tidak berbeda dengan yang dijual kebanyakan. Namun ada dua jenis pilihan yang bisa anda coba yaitu tahu telur atau tahu saja.

Alamat: Jl. Martadinata, Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang

Jam Buka: 08.00–20.00 WIB

Bakso Bakar Trowulan

Jika bakso kuah bisa anda dapatkan dimana saja, beda lagi dengan bakso bakar. Jika anda ke Malang, menemukan bakso kuah sudah sangat mudah, bahkan banyak penjual keliling yang lewat. Tetapi untuk yang lebih khas lagi, anda bisa mencoba bakso bakar. Jika ke Malang wajib kuliner ini yaitu salah satunya di Bakso Bakar Trowulan. Dengan proses memasak yang unik yaitu dibakar seperti sate daging pada umumnya, bakso bakar disini memiliki rasa yang khas. Untuk rasa yang dominan adalah manis dan gurih. Untuk yang ingin beli satuan, harganya dibanderol Rp 3.000 per biji, namun jika langsung 1 tusuk, anda akan dikenakan biaya Rp 35.000 per 15 biji.

Alamat: Jl. Candi Trowulan No.65, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

Jam Buka: 10.00–19.00 WIB

Depot Soto Lombok

Bagi yang suka dengan makanan berkuah, Soto Lombok adalah rekomendasi menu yang selanjutnya. Jika ke Malang wajib kuliner yang satu ini. Bukan berasal dari lombok NTB melainkan jalan Lombok di Malang, soto yang ditawarkan juga sudah sangat terkenal. Yang unik dari soto ini adalah campuran dari berbagai isian dari kentang, taoge, sayur kol, soun, telur yang disiram dengan kuah bening. Dari segi harganya masih masuk di kantong anda yaitu RP 25.000.

Related Article  Destinasi Kuliner Kota Malang khas Mahasiswa yang Mudah Dicari

Alamat: Jl. Lombok No.1, Kasin, Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 07.00–00.30 WIB

Rawon Brintik

Masih dengan menu yang berkuah, Rawon Brintik juga menjadi tempat rekomendasi untuk dicoba. Jika ke Malang wajib kuliner Rawon Brintik ini. Sejak tahun 1942, rawon ini sudah melayani banyak pelanggannya. Sudah tidak usah khawatir akan cita rasanya lagi walaupun berganti generasi, namun rasanya masih sama enaknya. Untuk harga yang ditawarkan sangat sepadan dengan rasanya yaitu Rp 25.000.

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan No.39, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 05.00–16.00 WIB

Orem-Orem Khas Arema

Orem Orem Khas Arema adalah rekomendasi tempat yang selanjutnya untuk dicoba. Jika anda berasal dari luar kota Malang, sangat wajib untuk mencoba menu ini. Walaupun memiliki komposisi yang sederhana yaitu irisan ayam dan tempe yang disiram dengan kuah santan, namun cita rasanya khas. Ada Orem-Orem biasa, telur, dan ayam untuk dicoba dengan harga mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 15.000.

Alamat: Jl. Blitar No.14, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

Jam Buka: 09.30–16.30 WIB, Jumat Tutup