Pucuk Coolinary Festival Malang

Menjadi salah satu destinasi wisata alam yang Indah, Malang juga memiliki daya tarik di dunia kulinernya. Banyak sekali acara yang sudah di selenggarakan di kota ini contohnya yang baru saja menjadi sorotan yaitu Pucuk Coolinary Festival Malang. Team Kaya Kuliner telah meliput event kuliner kota Malang ini yang berlangsung selama dua hari yaitu pada tangal 1 dan 2 September 2018. Lokasinya berada di Lapangan Rampal, Malang yang dimulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Pucuk Coolinary Festival Malang

Jika anda sudah mengenal produk ternama Teh Pucuk Harum, ini adalah sponsor yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Malang. Acara ini dibuka oleh PLT Malang dengan antusias warga yang lumayan tinggi. Bagaimana tidak, ada lebih dari 100 stan makanan yang ikut serta meramaikan acara ini. Selain itu, tidak ada biaya untuk masuk sungguh menarik minat warga Malang untuk datang.

Pucuk Coolinary Festival Malang

Tujuan diadakannya event Pucuk Coolinary Festival Malang  ini yaitu untuk memberikan pengalaman wisata kuliner Malang yang berbeda kepada para pengunjung sekaligus memperkenalkan UKM Malang kepada khalayak yang lebih besar lagi yaitu para wisatawan. Strategi ini sudah terbukti berhasil dilihat dari banyaknya pengunjung yang memenuhi kursi yang disediakan di depan stan yang didominasi dengan warna merah yang berjejeran rapi. Di tambah lagi dengan pembagian 10.000 tusuk bakso bakar yang membuat event ini menjadi semakin rame.

Pucuk Coolinary Festival Malang

Pucuk Coolinary Festival Malang

Stan kuliner Malang ini di kelompokkan menjadi 3 macam zona rasa yaitu Manis, Gurih, dan Pedas. Yang pasti anda benar-benar bingung dan harus extra sabar dengan keramaian yang ada. Ada nama yang sudah sangat terkenal dan mungkin ada yang belum anda dengar sebelumnya. Karena lebih dari 100 stan itu tidak sedikit, kami hanya akan membahas beberapa saja dari 3 kategori makanan yang paling recommended dan unik untuk dicoba.

Zona Manis

Pucuk Coolinary Festival MalangKategori makanan yang pertama dari Pucuk Coolinary Festival Malang ini adalah Manis. Sudah tau apa saja yang ada di kategori ini? Susah pastinya untuk mengabsen satu persatu dari kuliner Malang yang enak dan tergolong sebagai makanan manis. Team Kaya Kuliner sudah meliput satu dari banyaknya stan makanan manis yaitu Oh My Getuk. Jika anda mengira ini adalah kudapan getuk biasa dengan topping kelapa parut, anda salah. Kuliner yang satu ini bisa dikatakan sebagai inovasi yang yahud. Dengan bahan baku yang sederhana yaitu gethuk yang terbuat dari singkong, di Oh My Gethuk disulap menjadi kudapan yang kekinian. Dari pilihan rasa yang ditawarkan, anda mungkin akan terkejut sesuai dengan namanya Oh My Gethuk! seperti pengucapan Oh My God. Ada Gethuk Mill – O,  Gethuk Machiatto, Gethuk Taro, atau Gethuk Cheese.

Pucuk Coolinary Festival Malang

Pucuk Coolinary Festival Malang

Kemarin kami mencoba varian Gethuk Cheese-nya. tampilannya sangat menggirukan bukan? Justru malah seperti kue bolu gulung dengan topping yang kekinian. Perpaduan dari adonan gethuk keju cheedar dan vanilla yang lembut dengan topping lelehan coklat putih dan parutan keju menjadikan gethuk ini beda dari yang biasanya anda konsumsi. Untuk harga perbox nya untuk semua varian sama yaitu Rp 55.000. Satu box gethuk tersebut bisa anda potong sesuai selera. Jika anda tertarik dengan kuliner yang satu ini, anda bisa datang ke Jl. Ciliwung No.57G, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang. Jam buka: 10.00 – 21.00 WIB.

Zona Gurih

Pucuk Coolinary Festival Malang

Beralih ke zona yang selanjutnya di Pucuk Coolinary Festival Malang yaitu Zona Gurih. Banyak sekali pilihan makanan untuk dicoba namun di dominasi dengan kuliner bakso seperti Bakso President, Bakso Damas, Bakso Kota Cak Man dan yang paling baru yaitu Bakso Nawak. Dari banyaknya pilihan bakso dan menu lain, ada 2 makanan yang telah kita abadikan gambarnya yaitu Orem-Orem Mpok Mina dan Sate Taichan Sam Kipu. Sebagai makanan khas Malang dengan rasa yang gurih, Orem-Orem adalah makanan yang wajib di coba di Malang.

Walaupun terdiri dari bahan baku yang sederhana, namun cita rasa dari kuliner ini ngangenin. Jika dilihat dari namanya, mungkin Orem-Orem Mpok Mina ini tidak seterkenal Orem-Orem Arema. Namun, nama ini cukup mencolok di Pucuk Coolinary Festival Malang karena tidak ada pesaingnya di jenis kuliner yang sama.

Pucuk Coolinary Festival Malang

Selain menyediakan orem-orem, di stan ini juga menawarkan kudapan atau camilan tradisional. Ada 3 contoh macam kudapan yang bisa anda lihat di gambar ini yaitu Grontol, Gethuk, dan Gatot.

Pucuk Coolinary Festival Malang

Selain Orem Orem Mpok Mina, ada satu stan lagi yang kita kunjungi di zona ini yaitu Sate Taichan Khas Malang Sam Kipu.

Pucuk Coolinary Festival MalangSemua pasti sudah mengetahui kuliner hits yang satu ini. Dengan bumbu yang berbeda dari sate yang sudah ada pada umunya, sate ini identik dengan bumbu cabe. Namun ada yang unik di Sate Taichan Khas Malang Sam Kipu yaitu dua pilihan bumbu bukan hanya cabe melainkan bumbu kacang juga. Ada beberapa pilihan paket dari satu hingga lima dengan beragam pilihan sate yang dihargai Rp 20.000.

Pucuk Coolinary Festival Malang

Jika anda kemarin tidak sempat datang ke Pucuk Coolinary Festival Malang, anda bisa datang ke tempat makannya di Jl. MT Haryono 94 Malang. Jam buka: 13.00 – 21.00 WIB.

Zona Pedas

Pucuk Coolinary Festival Malang

Zona Pedas merupakah zona ketiga di Pucuk Coolinary Festival Malang. Ini adalah surga bagi para pecinta kuliner dengan rasa cabai yang menggigit. Ada banyak pilihan dari menu mie yang terkenal pedasnya yaitu Kober Mie Setan, Tahu Mlothot, dan Sayap Grak. Namun kita hanya akan membahas the iconic ceker pedas hits yaitu Ceker Setan dan Seblak Jeletot. Bisa dikatakan dua menu makanan ini adalah definisi pedas sesungguhnya.

Ceker Setan merupakan kuliner Malang yang menawarkan cita rasa ceker berbumbu super pedas. Belum menyantapnya saja pasti anda sudah menelan ludah. Tenant Ceker Setan di Pucuk Coolinary Festival Malang ini memiliki tempat di Sentra Kuliner Sriwijaya. Jika anda ingin mencoba, datang saja ke Jl. Sriwijaya, Klojen, Kota Malang. Tidak ada batasan waktu karena buka selama 24 jam.

Pucuk Coolinary Festival Malang

Untuk kuliner yang kedua adalah Seblak Jeletot. Seblak merupakan  makanan khas sunda yang terdiri dari kerupuk basah yang diolah dengan sayuran dan protein seperti telur dan sosis. Bukan hanya hits di tempat asalnya, kuliner seblak kini telah mewabah di seluruh kota termasuk Malang.

Pucuk Coolinary Festival Malang

Seblak Jeletot ini adalah salah satu nama yang sudah terkenal akan rasa pedasnya. Bagi yang ingin mencoba seblak dengan topping berbagai macam yang rasanya bikin bibir dan lidah anda panas, bisa datang ke Jl. Bunga Coklat No. 4, Lowokwaru, Kota Malang. Jam buka: 13.00 – 22.00 WIB.