referensi kuliner kota malang

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, banyak yang berbondong bondong ke kota Malang di akhir pekan atau musim libur. Tak hanya puas dengan wisata alamnya saja, anda disuguhkan dengan kuliner enak Malang juga lho. Sudah pasti banyak sekali pilihan dari yang tradisional hingga modern. Namun anda bisa mencari referensi kuliner kota Malang berdasarkan lokasinya. Kali ini yang akan dibahas adalah kuliner di sekitar Pasar Besar Malang.

Tahu Lontong Lonceng

Referensi kuliner kota Malang yang pertama adalah Tahu Lontong Lonceng. Menjadi salah satu yang legendaris, depot yang menjual kuliner ini sudah ada sejak tahun 1935. Lokasinya pun tidak berubah sejak dulu yaitu di sentra pertokoan kawasan Kota Lama. Ada yang unik lho dari cara penyajiannya. Sambal petis yang digunakan untuk meracik diletakkan di dasar piring sebelum ditambahkan dengan lontong dan tahu telur. Untuk  harganya juga masih ekonomis hingga kini sekitar Rp 11.000 per porsinya.

Alamat: Jl. Martadinata, Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang

Jam Buka: 08.00 – 20.00 WIB

Warung Lama H. Ridwan

Berpindah dari tahu lonceng, ada Warung Lama H.Ridwan yang menawarkan aneka masakan khas Jawa Timur. Bisa banget nih dijadikan referensi kuliner kota Malang di sekitar Pasar Besar. Pasalnya warung yang terletak di dalam Pasar Besar ini sudah melegenda sejak tahun 1925. Namun karena lokasinya yang berada di dalam pasar tradisional, otomatis kita tidak bisa berekspektasi tinggi dengan keadaan tempatnya. Tak usah risau, tempat masih nyaman kok walaupun kecil. Apalagi ketika anda mencium aroma dari sate komoh yang dibakar, beuh bikin napsu makan deh. Ada gule sapi, krengsengan, dan kuliner khas Jawa lainnya lho. Untuk harga dari lauk sekaligus makanan perporsinya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

Alamat: Pasar Besar Malang Lantai Dasar Unit B15 -16, Jl. Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 08.00–16.00 WIB

Hoklay

Terkenal dengan fosco andalannya, Hoklay menjadi tempat selanjutnya untuk referensi kuliner kota Malang. Bagi yang belum tahu apa fosco itu, ini adalah minuman yang berupa campuran coklat dan susu full cream. Namun ada yang unik dari fosco yang ditawarkan yaitu menggunakan botol coca cola. Eits, minuman ini tak menggunakan soda lho, hanya sebagai tempat saja. Selain fosco, ada juga menu lain yang terkenal yaitu cwiemie dan lumpia. Soal rasa sudah sangat melegenda bahkan sejak tahun 1946. Kemudian untuk harga yang ditawarkan, mulai dari Rp 13.000 hingga Rp 20.000.

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 09.00–13.30 WIB, 17.00–20.30 WIB, Selasa 17.00–20.30 WIB

Depot Mie Gajah Mada

Bagi pecinta mie, referensi kuliner kota Malang selanjutnya bisa anda dapatkan di Depot Mie Gajah Mada. Enak, melegenda, dengan porsi banyak adalah kata yang bisa menggambarkan kualitas mie yang ditawarkan. Bumbunya diracik turun menurun sejak jaman dahulu. Wajib mampir deh jika sedang berada di kota Malang. Bagi yang ragu dengan ke halalan mie, tak perlu lagi karena halal kok. Untuk urusan harga, rata-rata makanan dibanderol dengan harga diatas Rp 20.000 dan diatas Rp 5.000 untuk minumannya.

Alamat: Jl. Pasar Besar No.17 A, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 09.00–14.30 WIB, 17.00–21.00 WIB

Nasi Bhuk depan Pasar Besar

Yang mencari santapan pagi yang enak, ada satu referensi kuliner kota Malang di depan Pasar Besar yaitu nasi bhuk. Jika anda ingin mengetahui posisinya, nasi bhuk ini dijual persis di seberang Pasar Besar. Walaupun terlihat sederhana, namun rasa yang ditawarkan tak bikin kecewa. Bisa dilihat dari panjangnya antrean para pelanggan setianya. Tak hanya terjangkau, banyak lho pilihan lauk seperti paru, ayam, dan babat. Temukan kuliner yang yahud ini mulai dari pukul 6 pagi.

Alamat: Jl. Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang