Home Lokasi Wisata Kuliner Kota Surabaya yang Sayang untuk Anda Lewatkan

Wisata Kuliner Kota Surabaya yang Sayang untuk Anda Lewatkan

45
0
wisata kuliner kota surabaya

Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya memiliki keberagaman masyarakatnya. Namun wisata kuliner kota Surabaya adalah salah satu yang membuat kota ini spesial. Selain rujak cingur, ada banyak sekali wisata kuliner kota Surabaya yang sudah terkenal bahkan ke luar daerah. Anda bisa membandingkan beberapa wisata kuliner kota Surabaya di artikel ini dari segi harga, rasa, adan lainnya. Namun semuanya sangat sayang untuk anda lewatkan apabila anda sedang berkunjung ke kota Pahlawan ini.

Sate Klopo Ondomohen

Sate ayam dan sate kambing mungkin sudah biasa kita konsumsi. Ditengah maraknya macam-macam sate modern seperti taichan, ada satu yang unik dari wisata kuliner kota Surabaya. Sate klopo atau sate kelapa adalah salah satu ikon yang wajib anda nikmati di kota ini. Dimana anda bisa mendapatkannya? Ondomohen adalah tempat legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1945. Sesuai dengan namanya, sate ini dibuat dari daging yang dicampur dengan parutan kelapa. Tidak hanya itu saja, selain sate ayam dan daging, anda juga dapat memilih yang  lain yaitu usus, sumsum,dan udang. Soal harga, anda hanya perlu mengeluarkan kocek Rp 20.000an saja. Jika sempat, mampirlah ke Jalan Walikota Mustajab no. 36, Surabaya.

Sego Sambel

Surabaya juga terkenal akan kuliner pedasnya. Seperti yang sudah kita ketahui yaitu rawon setan, masih ada rekomendasi lain yaitu sego sambel. Ini adalah wisata kuliner kota Surabaya yang sayang untuk anda lewati. Kuliner Surabaya malam ini adalah termasuk dari wisata kuliner Surabaya murah meriah. Anda akan sangat mudah menjumpai warung-warung sego sambel di pinggir jalan kota ini. Tetapi yang paling terkenal dari semuanya adalah Sego Sambel Mak Yeye di Jalan Jagir Wonokromo Wetan No.12, Jagir, Wonokromo. Warung sederhana yang terletak di dalam gang ini selalu ramai dipadati pengunjung. Walaupun hanya sekedar nasi, lauk, dan sambel, namun rasanya sangat mantap. Iwak pe atau ikan pari adalah yang paling spesial dari warung ini. Ada banyak pilihan lauk yang lain seperti telur dadar,ayam, lele, dan tempe tahu.Dengan merogoh kocek sekitar Rp 14.000, anda dapat menikmati seporsi nasi sambel dengan lauk yang anda inginkan.

Mie Mapan

Selain makanan pedas, Surabaya juga memiliki kuliner penyetan. Di daerah lain mungkin disebut dengan lalapan. Ada satu tempat yang sangat worth it untuk dikunjungi yaitu Mie Mapan. Mungkin anda berpikiran bahwa “lhoh kok namanya mie?”. Memang benar kedai ini menjual berbagai macam mie. Namun bisa dibilang wisata kuliner kota Surabaya yang satu ini memiliki lauk yang lengkap. Oleh karena itu, apabila anda ingin mencoba 2 jenis makanan yang berbeda, anda dapat pergi ke mie Mapan di beberapa tempat seperti di Jalan Rungkut Mapan Tengah dan Raya Darmo Permai.

Bila kita berbicara soal harga, mungkin sedikit agak mahal. Namun untuk pekerja atau karyawan, harganya sudah termasuk pas dengan rasa yang sepadan. Yang paling rekomended dari Mie Mapan adalah iga penyet dan pangsit gorengnya. Untuk mienya, harganya berkisar sekitar Rp 15.000 hingga Rp 39.000 tergantung jenis dan porsi jumbo atau biasa. Sedangkan untuk penyetan sekitar Rp 30.000 untuk yang 1 porsi dan mulai dari Rp 45.000 untuk 3 porsi. Sesuaikanlah dengan berapa orang yang anda ajak untuk lebih ekonomis lagi.

Nasi Bebek Purnama

Wisata kuliner kota Surabaya yang terakhir adalah nasi bebek. Ini termasuk juga kedalam jenis makanan pedas khas Surabaya. Bukan hanya sambal merah saja yang anda dapatkan namun juga sambal ijo atau hijau yang membuat nasi bebek Surabaya semakin uenak kalau kata orang Jawa. Ada bejibun warung pinggir jalan yang menjual kuliner ini namun Bebek Purnama yang sampai saat ini masih menjadi idola. Hanya dengan Rp 15.000 saja, anda dapat menikmati nasi bebek ini yang beralamat di Jalan Dinoyo 4, Surabaya.