Malang menjadi salah satu tempat persinggahan favorit wisatawan luar kota. Entah itu tempat hiburan ataupun kulinernya. Nah, yang pertama dicari pastinya menu yang terkenal atau legendaris. Pos Ketan Legenda dan Toko Oen adalah contoh yang sudah menjadi ikon. Tapi masih ada yang lain lho alternatif kuliner lawas Malang yang mungkin belum pernah kalian dengar. Mau tahu kan kuliner apa yang tak lekang oleh waktu di Malang? Berikut ulasannya.

Bubur Ayam & Kacang Ijo P. Sobari

Image source : www.liputan6.com

Makanan kaki lima yang mampu bertahan hingga puluhan tahun ini perlu untuk dicoba ketika di Malang. Bubur Ayam & Kacang Ijo Pak Sobari ini sudah ada sejak tahun 1978 lho. Tidak salah jika rasa dari bubur yang dijual  sudah mengena dilidah para pembelinya. Selain itu, bubur nya lebih unik dibandingkan di tempat lain. Jika biasanya ada suwiran ayam sebagai topping, tetapi di sini ayamnya sudah dicampur ketika diolah. Jadi, kalian bisa menikmati sensasi tekstur dari ayam. Sedangkan untuk bubur kacang hijaunya, lebih berwana kekuningan karena kacang nya telah dikupas.

Alamat: Jl. Merbabu No.10, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 09.00–16.00, Jumat Tutup

Sate Ponorogo Pak Siboen

Image source : www.asliindonesia.net

Kuliner lawas Malang yang selanjutnya untuk dijadikan alternatif adalah Sate Ponorogo Pak Siboen. Sate Madura memang sudah banyak tersedia di kota Malang. Tapi bagaimana dengan sate khas lainnya? Pak Siboen ini menyediakan Sate Ponorogo yang tampilan dan rasanya berbeda. Secara langsung bisa dilihat jika warna dari sate disini lebih terang. Daging yang digunakan adalah dari ayam kampung lho. Apalagi dengan bumbu kacang melimpah yang akan menambah kenikmatan sate. Kepulan asap dan aroma sate nya benar-benar bikin menelan ludah.

Related Article  Referensi Harga Kuliner di Kota Malang di Bawah 20 Ribu

Alamat: Jl. Kawi Atas No.27, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB

Depot Samsin

Kuliner Lawas Malang
Image source : depot-samsin.business.site

Alternatif selanjutnya yang juga legendaris adalah Depot Samsin. Ini diperuntukan bagi penikmat kuliner non halal. Cita rasa yang diberikan itu lho yang membuat orang ingin datang kembali. Banyak menu Chinese food yang bisa dicoba seperti sate B2, Koloke, nasi goreng, dan pangsit mie. Walaupun tempatnya tidak terlalu besar, namun nyaman kok. Halaman untuk parkirnya juga masih cukup nyaman untuk kendaraan.

Alamat: Jl. Brigjend Slamet Riadi No.45 / 8, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 08.00–21.00 WIB, Minggu Tutup

Depot Bug Matira

Kuliner Lawas Malang
Image source : indonesia.tripcanvas.co

Ingin sarapan kuliner Lawas Malang? Bisa nih bergegas ke Depot Bug Matira. Meskipun makanan ini asli Madura, tetapi kalian tidak bisa mendapatkannya di Madura lho. Terdengar aneh kan? Namun memang kuliner ini dipopulerkan di kota Malang dari pendatang yang berasal dari Madura. Yang membuatnya istimewa adalah perpaduan serundeng kelapa, kecambah segar, paru goreng, dendeng kelapa yang teksturnya mirip kerupuk, dan sambal super pedas.

Alamat: Jl. Trunojoyo No.10 EF, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang

Jam Buka: 07.00–23.00 WIB