Menyantap makanan bukan hanya soal perut saja tetapi bagaimana kita mengapresiasi makanan tersebut. Seperti yang sudah kita ketahui, banyak sekali kuliner Indonesia yang sangat melegenda sejak dulu. Kita sebagai generasi yang lebih modern seharusnya bisa tetap melestarikannya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah tetap setia dengan makanan tradisional. Ada beberapa yang sangat khas dari beberapa kota di Indonesia.

Nasi Liwet

Nasi liwet menjadi makanan khas Indonesia yang berasal dari Solo Jawa Tengah. Menu yang terkenal akan teksturnya yang pulen ini memiliki rasa gurih. Tak heran karena bahan utama untuk mengolah nasi ini adalah santan kelapa. Cara memasaknya pun juga masih sangat tradisional yaitu dikukus menggunakan wajan tanah liat. Rasa yang dihasilkan lebih nikmat karena tidak menggunakan kompor gas melainkan kayu bakar pada proses memasaknya. Biasanya nasi ini disajikan bersama dengan opor ayam, ayam dan sayur labu siam, dan telur pindang.

Nasi Gandul

Masih di Jawa Tengah, ada nasi gandul yang juga merupakan kuliner Indonesia yang sangat khas. Kuliner ini berasal dari Kabupaten Pati. Dari namanya memang terdengar unik yaitu “gandul”. Konon katanya resep dari nasi gandul ini turun temurun lho. Jadi tidak semua orang bisa mengolahnya dengan rasa yang sama nikmatnya. Ciri khas dari nasi ini adalah kuah berwarna merah kecoklatan. Pada saat penyajian, biasanya ada tambahan daging sapi hingga jerohan.

Nasi Gudeg

Dari Kabupaten Pati, kita beranjak ke kota Yogyakarta nih. Ada nasi gudeg sebagai kuliner Indonesia yang mendunia. Seiring dengan banyaknya wisatawan yang mengunjungi kota ini, semakin banyak pula peluang untuk memperkenalkan kuliner khas. Nasi gudeg ini adalah salah satu menu yang rasanya bisa diterima oleh turis mancanegara. Mungkin karena cenderung manis dibandingkan pedas. Selain gudeg nya sendiri, ada pilihan pelengkapnya seperti ayam bacem, opor ayam, dan sambal goreng krecek.

Related Article  Tempat Makan di Suhat Malang yang Pas untuk Nongkrong

Nasi Jamblang

Nasi jamblang sepintas terlihat seperti nasi campur pada umumnya. Biasanya menu ini terdiri dari nasi putih dan beberapa lauk seperti semur daging, telur dadar, sambal goreng, dan lainnya. Namun makanan khas dari Cirebon ini memiliki rasa yang khas. Bungkus dari nasi yang menggunakan daun jati menjadikan rasanya lebih beraroma. Harga yang ditawarkan dari kuliner ini juga ekonomis. Nagih deh pokoknya.

Nasi Krawu

Dari kota Gresik, ada nasi krawu yang tak kalah nikmatnya. Krawuk jika dalam istilah masyarakat Gresik memiliki arti mengambil menggunakan tangan. Jadi kuliner ini seperti layaknya nasi dengan porsi yang pas untuk dimakan menggunakan tangan. Menu ini terdiri dari nasi pulen dengan lauk daging sapi yang rasanya khas dan gurih. Selain itu, yang paling khas adalah 3 macam serundeng yaitu serundeng kuning, serundeng merah, dan kelapa sangrai.

Papeda

Masih ada satu lagi kuliner Indonesia tradisional yang disukai hingga kini. Namun kuliner ini belum sepenuhnya menyebar ke daerah lain. Maluku dan Papua adalah wilayah yang memfavoritkan makanan ini. Papeda atau bubur sagu ini pada umumnya disajikan dengan ikan bumbu kuning. Cara memakannya itu lho yang bikin unik. Anda harus mengambilnya menggunakan gata-gata yang terbuat dari bambu.