Home Lokasi Dalam Negeri Makanan Terenak di Indonesia yang Mudah Dijumpai

Makanan Terenak di Indonesia yang Mudah Dijumpai

27
0

Kalau sola rasa, tiap orang memiliki opininya masing-masing. Namun untuk masakan nusantara, ada beberapa menu yang disukai oleh hampir masyarakat Indonesia. Mau tahu kan apa saja? Banyak sekali lho makanan terenak di Indonesia yang bisa ditemukan di rumah makan sekitar anda. Coba deh lihat beberapa contoh dibawah ini, siapa tahu ada yang sudah difavoritkan.

Rendang

Rendang adalah makanan terenak di Indonesia yang sudah terkenal seantero dunia. Sudah pada tahu kan jika rendang menjadi nomor 1 pada survey beberapa tahun yang lalu? Ini adalah 1 dari 7 makanan terenak di Indonesia yang akan dibahas di artikel ini. Pada dasarnya olahan daging memang disukai banyak orang. Namun kuliner yang berasal dari Minang ini rasanya sangat kaya akan rempah rempah. Jika anda ke rumah makan padang, rasanya sangat kurang jika tidak memesan rendang. Semakin berkembangnya jaman, kini anda yang jauh dari Minang bisa dengan mudah menikmati olahan rendang dalam kemasan praktis.

Nasi Goreng

Dari olahan daging, kita berpindah ke kuliner nasi andalan segala umat. Yup nasi goreng sudah menjadi makanan wajib bagi orang Indonesia. Biasanya kita menjumpai nasi goreng ini dijadikan menu untuk sarapan maupun makan malam. Variasinya juga lumayan banyak bukan hanya nasi goreng kampung saja. Ada nasi goreng seafood, nasi goreng pete, nasi goreng ikan asin, dan lainnya. Apapun variannya, nasi goreng terasa kurang mantap tanpa adanya telur goreng dadar ataupun ceplok.

Sate

Dengan ciri khas tusukan, sate merupakan makanan terenak di Indonesia yang sering dijumpai di pinggir jalan. Walaupun begitu, rasa dari sate selalu haucek. Aroma ketika dibakar itu lho seolah olah memanggil kita untuk menyantapnya. Ada berbagai macam sate di beberapa daerah di Indonesia seperti sate buntel, sate klathak, maupun sate pada umumnya seperti sate ayam dan sapi. Bahkan akhir akhir ini muncul inovasi baru seperti sate taichan dan sate hotplate.

Related Article  Kuliner Malam di Kota Malang Tahu Telor

Bakso

Saat udara dingin melanda ada satu menu yang wajib untuk dinikmati yaitu bakso. Dengan ciri bentuk yang bulat, bakso juga bisa disebut makanan terenak di Indonesia. Bahan dasar dari makanan ini adalah daging giling dan tepung tapioka. Oleh karena itu, tekstur dari bakso ini kenyal dan lembut ketika sedang digigit. Mungkin yang sering banyak dijumpai adalah bakso kuah lengkap dengan gorengannya. Namun ada yang rasanya tak kalah dengan yang kuah lho yaitu bakso bakar. Bagi yang ingin rasa berbeda, sangat direkomendasikan mencoba bakso bakar yang rasanya lebih greget.

Soto Ayam

Soto ayam juga masuk ke dalam daftar makanan terenak di Indonesia. Memiliki kuah kuning adalah ciri khas dari kuliner ini. Banyak sekali macam dari soto ayam ini di beberapa daerah seperti soto banjar, soto lamongan, dan soto madura. Perbedaan dari soto tersebut bisa diketahui dari kuah yang lebih pekat atau bening, dan rasanya. Namun hampir semuanya memiliki rasa yang luar biasa. Apalagi disantap ketika udara dingin.

Rawon

Masih dengan yang berkuah kuah, ada rawon yang memiliki cita rasa sedap. Kuliner khas Jawa Timur ini selalu menjadi favorit masyarakatnya khususnya para pecinta olahan daging. Masakan yang bisa dikatakan sup ini menggunakan rempah rempah dan kluwek. Dari aromanya, kita bisa mencium bau rempah rempah yang kuat. Apalagi jika dagingnya memiliki tekstur yang empuk, bikin ketagihan deh. Tak lupa dengan taburan kecambah, sambal, dan kerupuk udang.

Ayam Betutu

Ayam betutu adalah contoh selanjutnya dari makanan terenak di Indonesia. Kuliner ini berasal dari Pulau Bali. Bahan dasar yang digunakan bukan hanya ayam tetapi bebek utuh. Untuk membuat rasanya nikmat, daging yang digunakan diberi bumbu rempah seperti daun sereh, kencur, kunyit, kemiri, dan lainnya. Untuk rasa segar, biasanya ditambah dengan perasan jeruk nipis.

Related Article  Peta Wisata Kuliner Kota Malang untuk Diketahui