macam macam kuliner nusantara

Jika dihitung- hitung, bisa jadi ada 100 lebih macam macam kuliner nusantara. Bagaimana tidak, banyak sekali pulau di Indonesia sekitar 17.504. Tak heran jika negara ini menjadi destinasi wisata kuliner yang sangat menggiurkan. Banyak sekali lho yang terkenal di tiap daerahnya. Berikut adalah pesona dari kelezatan kuliner nusantara yang sudah tersohor.

Mie Aceh

Mie aceh berada di nomor satu dari daftar kuliner nusantara. Kuliner yang berasal dari Aceh ini berbahan dasar mie dan bercita rasa pedas. Biasanya mie ini diberi tambahan seperti daging sapi, daging kambing, dan seafood. Rasa kuahnya itu lho sangat khas akan rempah rempahnya. Apalagi dinikmati ketika hangat dan ditemani dengan teh tarik.

Ayam Tangkap

Masih dari Sabang, Ayam tangkap berada di nomor dua macam macam kuliner nusantara. Sesuai dengan namanya, kuliner ini terdiri dari ayam goreng dengan penyajian yang unik. Namun bukan ayam goreng biasa ya melainkan dibumbui dengan rempah-rempah seperti daun kari dan pandan. Sudah bisa kebayang kan bagaimana aroma yang diciptakan?

Gulai Kepala Ikan

Ada yang suka dengan olahan gulai kepala ikan? Yup salah satu macam macam kuliner nusantara ini sudah sangat terkenal bagi pecinta kuliner. Memiliki ciri khas kuah berwarna kuning, gulai ini biasanya kita jumpai di restoran masakan Padang. Tekstur daging kepala ikan dengan kuah kentalnya membuat banyak orang suka. Apalagi jika sudah ditambah dengan sambal hijau, makin lezat deh.

Soto Medan

Dari pulau Sumatera, ada Soto Medan yang memiliki cita rasa berbeda dibandingkan dengan soto yang lainnya. Yang paling menonjol dari soto ini adalah menggunakan santan yang kental lengkap dengan rempah rempahnya. Pada isiannya, ada daging ayam atau daging sapi suwir, daun seledri, daun bawang, potongan telur rebus, dan tak lupa bawang goreng.

Ikan Asam Pedas

Jika sebelumnya ada gulai kepala ikan, kini ada pilihan lain dari macam macam kuliner nusantara yaitu ikan asam pedas. Namun yang membedakan adalah warna dari kuahnya yang merah. Walaupun begitu, rasa nya tidak sepenuhnya pedas melainkan perpaduan antara rasa asam dan pedas. Untuk tambahan biasanya ada nanas dan terong ungu.

Rendang

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu macam macam kuliner nusantara yang sudah sangat populer ini? Rendang yang sudah terbukti disukai masyarakat Indonesia hingga mancanegara ini memang sangat nikmat. Bukan hanya menjadi lauk sehari-hari, rendang telah menjadi sebuah tradisi untuk hidangan berbagai acara adat.

Gulai Itiak Lodo Mudo

Gulai daging bebek yang berpadu dengan cacahan cabai hijau menjadi macam macam kuliner nusantara selanjutnya. Nama dari kuliner ini adalah gulai itiak lodo mudo. Sesuai dengan namanya. Bebek yang digunakan masih muda karena dagingnya masih empuk. Yang membuatnya unik adalah proses memasak yang memerlukan 1 hari hari 1 malam.

Soto Padang

Hidangan yang terdiri dari irisan daging sapi beserta kaldunya ini menjadi kuliner yang juga tak kalah terkenalnya. Soto padang ini biasanya kita temukan di restoran Padang di mana saja. Dalam penyajiannya, soto ini ditambahkan dengan perkedel kentang dan bihun.

Brengkes Tempoyak Patin

Brengkes atau pepes sudah menjadi makanan tradisional yang sayang untuk dilewatkan sebagai pelengkap makan. Ada satu yang unik nih dari macam macam kuliner nusantara yang diolah menjadi pepes yaitu tempoyak patin. Rasanya unik ada gurih, asam, dan wangi dari tempoyak duriannya.

Pempek

Lanjut lagi ke pempek yang sangat khas dengan aroma ikannya. Yup, makanan yang terbuat dari campuran daging ikan yang digiling serta tepung kanji ini sudah biasa dijadikan kudapan. Pada umumnya ada beberapa pilihan pempek seperti pempek kapal selam, pempek kulit, pempek adaan, dan pempek lenjer. Tak lupa cuka.

Nasi Ulam

Makanan khas dari Betawi ini memiliki rasa yang gurih dan harum. Ada dua pilihan yang bisa anda coba yaitu nasi ulam kering atau nasi ulam berkuah. Biasanya nasi ini disajikan bersama kacang tumbuk, serundeng, sambal, dan daun kemangi. Untuk lauknya bermacam- macam seperti tahu, tempe, dan ayam goreng.

Nasi Uduk

Masih dengan nasi khas Betawi, ada nasi uduk yang rasanya sangat nikmat. Bahan dasar dari kuliner ini adalah nasi putih yang diaron dan dikukus beserta santan dan beberapa bumbu rempah. Ada kayu manis, daun serai, merica, dan jahe. Bau dari nasi ini sangat harum dan terasa gurih ketika masuk di mulut. Biasanya nasi uduk dinikmati dengan lauk goreng atau bakar.

Soto Betawi

Pindah ke macam macam kuliner nusantara yang selanjutnya, ada soto Betawi. Ciri khas untuk pembeda soto ini dengan yang lainnya adalah kuah nya yang keruh namun tidak pekat. Konon katanya soto ini otentik menggunakan santan yang encer. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri, anda bisa menggantinya dengan susu.

Gabus Pucung

Jika dilihat dari penampakan kuahnya, gabus pucung terlihat seperti rawon. Mungkin karena penggunaan bumbu yang digunakan adalah sama-sama kluweknya. Seperti yang sudah kita ketahui, warna hitam dari rawon berpengaruh juga untuk rasa yang diciptakan. Namun perbedaan yang mencolok yaitu penggunaan ikan gabus yang kini mulai langka untuk didapatkan.

Sate Maranggi

Sate Maranggi menjadi pilihan selanjutnya untuk macam macam kuliner nusantara terkenal. Bahan dasar yang digunakan untuk sate ini adalah daging sapi. Sebelum diolah, daging dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu. Jadi, tak perlu lagi ada tambahan bumbu tambahan. Namun tergantung juga dengan selera anda. Jika rasanya masih kurang greget, anda bisa menambahkan kecap pedas maupun acar.

Empal Gentong

Makanan khas Cirebon yang satu ini juga termasuk ke dalam macam macam kuliner nusantara terkenal. Sepintas, masakan ini terlihat seperti gulai. Namun yang membuatnya sangat khas adalah penggunaan gentong dan kayu bakar untuk proses memasaknya. Kemudian untuk daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi, usus, dan babat. Wajib coba deh pokoknya.

Gurame Pesmol

Makanan khas Sunda yang satu ini terbuat dari ikan gurami. Bagi anda yang belum mengerti apa itu arti dari pesmol, inilah yang disebut sebagai pesmol yaitu masakan yang terbuat dari ikan. Rasa yang dihasilkan dari gurami pesmol adalah asam, gurih, manis, dan pedas.

Sop Buntut

Menjadi salah satu dari macam macam kuliner nusantara, sop buntut juga ada lho di negara lain seperti Tiongkok. Hanya saja ada perbedaan dalam penyajiannya. Ditambah lagi dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia yang membuat rasanya semakin sempurna.Tak hanya buntut nya saja, ada juga tambahan tomat, wortel, kentang, daun bawang, dan daun seledri.

Mangut

Ada lagi masakan yang berbahan dasar ikan yaitu mangut. Pasti anda pernah menemukan menu ini di restoran khas Jawa Timur dan Jawa Tengah. Banyak macam ikan yang bisa diolah untuk mangut ini seperti lele. Rasa yang paling menonjol dari mangut adalah gurih, lezat, dan harum karena terdapat daun kemanginya. Dijamin bikin kepala manggut manggut deh karena enak.

Nasi Pindang

Nasi Pindang bisa dijadikan menu santap nusantara andalan. Masakan yang berupa nasi dan daging ini disajikan dengan kuah pindang. Tak hanya itu saja karena ada daun melinjo dan daun so juga. Kuliner ini bisa dibilang sangat sederhana karena disajikan menggunakan daun pisang. Namun bukan ikan pindang yang digunakan melainkan daging ataupun jerohan.

Tengkleng

Bagi pecinta macam macam kuliner nusantara yang berbahan dasar daging, ada tengkleng nih yang rasanya lezat. Walaupun bukan 100% daging melainkan tulang, namun masih ada banyak daging yang menempel lho. Sensasinya itu yang selalu bikin ketagihan. Bumbu yang menjadi kunci dari masakan ini adalah kunyit sebagai penghilang rasa bau dari daging kambing.

Sate Buntel

Bagi yang bosan dengan sate yang disajikan seperti biasanya, ada sate buntel yang menjadi salah satu macam macam kuliner nusantara. Keunikan dari kuliner ini terdapat pada penggunaan lemak sebagai pembungkus daging kambing cincangnya. Pastinya rasa yang dihasilkan berbeda dengan sate pada umumnya.

Garang Asem

Garang asem adalah pilihan selanjutnya yang diolah dari ayam dan kuah santan. Ciri yang khas dari masakan ini adalah rasa yang asam dan pedas. Sangat tradisional sekali lho karena menggunakan daun pisang untuk memasaknya. Sekilas garang asem ini tampak seperti pepes. Pada umumnya menu ini disajikan bersama nasi, sate ayam, dan perkedel.

Nasi Krawu

Nasi krawu adalah makanan khas dari Gresik yang juga terkenal di daerah lain. Ciri khas dari kuliner ini adalah nasi nya yang pulen yang disajikan dengan menggunakan daun pisang. Untuk lauknya biasanya berupa daging sapi, jerohan, semur, serundeng, dan sambal terasi.

Ayam Lodho

Bagi yang tidak suka dengan daging, ada ayam lodho yang menjadi salah satu macam macam kuliner nusantara. Resep  kuliner nusantara khas dari Tulungagung ini memiliki kuah santan kental berwarna kuning. Rasa dari ayam lodho ini gurih dan enak dengan aroma bakar yang wangi. Tinggal dimakan dengan nasi putih hangat, haucek deh.

Rawon

Siapa yang tak mengenal kepopuleran rawon yang kuahnya berwarna hitam? Kuliner khas Jawa Timur ini rasanya sangat khas akan rempah termasuk kluwek. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati ketika hawa sedang dingin. Kuah yang hangat dan potongan daging sapi yang lembut sangat sempurna deh untuk santap pagi atau malam. Apalagi ditambah dengan kecambah dan sambal pedas.

Rujak Cingur

Rujak adalah makanan tradisional Jawa Timur yang terkenal akan bumbunya termasuk petis. Namun ada yang unik dari rujak ini yaitu cingur atau mulut dari sapi. Namun secara samar-samar, teksturnya terasa seperti kikil sapi. Beraneka sayuran akan semakin nikmat dengan kehadiran cingur ini. Cocok deh dinikmati sebagai santap siang anda.

Bebek Betutu

Beralih lagi ke daerah yang lebih timur, ada bebek betutu yang menjadi salah satu dari macam macam kuliner nusantara. Betutu yang berarti lauk olahan dari ayam atau bebek ini sangat khas dan unik. Bagaimana tidak, proses memasaknya memerlukan waktu yang cukup lama. Caranya pun masih sangat tradisional yaitu dipanggang dalam api sekam. Tak heran jika daging yang dihasilkan sangat lembut dengan bumbu yang meresap.

Ayam Plecingan

Pernah nggak sih mendengar ayam plecingan? Yup kuliner khas Lombok ini tak kalah nikmatnya dengan macam macam kuliner nusantara lainnya. Kombinasi dari rasa lezat, gurih, dan pedas menyatu menjadi satu. Sangat menggugah selera deh pokoknya.

Coto Makassar

Makanan tradisional Makasar ini terbuat dari jerohan sapi rebus yang bercampur dengan daging. Mungkin ada yang mengira jika kuliner ini mirip dengan soto. Dari namanya memang terdengar hampir sama, namun isian dan racikannya berbeda lho. Rebusan daging maupun jerohan dimasak dalam waktu lumayan lama. Jadi sudah tidak diragukan lagi tekstur lembutnya.

Pallubasa

Nah, menu nusantara yang terakhir ada pallu basa. Kuliner yang satu ini lumayan terkenal kan walaupun anda belum pernah mencobanya? Secara tampilan, masakan ini terlihat seperti coto karena terbuat dari jerohan sapi atau kerbau. Memasaknya pun juga hampir sama dengan waktu yang cukup lama. Bagi yang mencari alternative coto Makassar, bisa nih menyantap pallubasa.