makanan tradisional indonesia

Walaupun banyak makanan baru dengan rasa yang bisa dikatakan enak, namun makanan tradisional Indonesia selalu menjadi andalan. Dari yang berat dan mengenyangkan sampai yang cocok untuk dijadikan kudapan. Nah artikel ini akan membahas beberapa makanan tradisional yang biasanya disebut jajanan. Di jaman semodern ini masih ada kok yang berjualan beberapa makanan dibawah ini.

Serabi

Jika dilihat dari bentuknya, serabi atau surabi menyerupai kue cucur. Kudapan yang satu ini sering dijumpai di pasar tradisional. Namun hari seiring dengan berjalannya waktu, kini ada banyak modifikasi dari serabi ini. Ada yang memberikan topping beraneka ragam seperti meses atau yang lebih modern lagi yaitu coklat dan keju. Selain kudapan sehari hari, makanan khas Indonesia ini menjadi oleh oleh dari kota Solo. Dengan adanya kedai yang menjual jajanan ini, semakin juga makanan tradisional Indonesia ini bisa tetap dilestarikan.

Kue Cucur

Kudapan tradisional yang selanjutnya dengan rasa yang khas adalah kue cucur. Ciri khas dari jajanan ini adalah berwarna coklat dengan pinggiran yang renyah. Salah satu dari macam macam makanan khas daerah dan bahan bakunya ini lumayan sederhana lho. Untuk membuatnya, anda hanya perlu menyiapkan tepung terigu, tepung beras, dan gula merah cair. Kini bukan hanya rasa original saja ya yang bisa anda nikmati karena sudah ada yang membuatnya lebih menarik dengan aneka topping.

Klepon

Berbentuk bulatan, klepon juga cocok untuk kudapan. Warna khas dari kelpon ini adalah hijau muda. Teksturnya itu lho kenyal dengan isian gula merah di dalamnya. Rasanya akan berbaur menjadi satu ketika klepon ini digigit. Bahan bakunya juga tidak terlalu sulit yang artinya anda bisa mencobanya dirumah. Anda hanya perlu menyiapkan buah kelapa yang diparut, daun pandan, daun suji, garam, dan air.

Related Article  Nikmati Lalapan Bebek yang Enak dan Murah di Kota Malang ini

Onde Onde

Masih dengan kudapan yang berbentuk bulat, ada onde onde yang juga termasuk makanan tradisional Indonesia. Kue ini ternyata sudah ada sejak jaman Majapahit lho. Jadi sudah dipastikan kalau onde onde ini adalah warisan kuliner nusantara. Rasa dari kudapan ini adalah gurih karena luarnya dipenuhi dengan wijen. Untuk teksturnya, kue ini terasa legit ketika digigit. Mungkin karena dari bahan bakunya yang menggunakan tepung ketan. Yang membuat onde onde semakin nikmat adalah isian kacang hijau yang manis.

Kerak Telur

Makanan tradisional Indonesia yang selanjutnya untuk kudapan adalah kerak telur. Makanan asli Jakarta ini berbahan dasar yang beraneka ragam. Ada beras ketan putih, telur ayam, ebi, dan kelapa sangrai yang sudah dibumbui dengan cabai, merica, cabai, garam, dan gula. Cara memasaknya masih sangat tradisional yaitu menggunakan wajan tanpa minyak dan mengandalkan panasnya arang dari anglo. Proses memasaknya lumayan cepat lho kurang dari 15 menit. Gurih gurih manis dan asin gitu deh rasanya. Syukurnya, kudapan ini masih mudah untuk dijumpai hingga kini.